Daftar Plugin WordPress untuk SEO

Fri, Feb 25, 2011

Artikel, SEO, Wordpress, Wordpress Plugin

Salah satu website engine paling populer saat ini adalah WordPress. Kenapa wordpress bisa populer? Karena wordpress memiliki kelebihan dibanding engine lainnya, antara lain: Simple, Search engine friendly, banyak themes/template design gratis tersebar di jagat maya, dan yang paling penting adalah tersedianya ribuan plugin untuk engine wordpress ini, baik plugin yang FREE maupun yang berbayar.

Bagi teman-teman yang belum tahu apa itu wordpress, wordpress adalah script opensource / FREE untuk blogging, yang bisa dibaca keterangannya dan didownload disini. Kebanyakan wordpress ini bisa diinstall secara otomatis dengan 1-2 klik saja dari dalam account hosting kita melalui menu Fantastico, jadi tidak perlu harus repot-repot meng-install manual.

Nah, berbicara tentang wordpress, tentunya kurang asoy kalo tanpa plugin. Ya, plugin ini untuk meningkatkan performa dan fungsi dari wordpress blog kita. Alamat untuk mendownload plugin wordpress adalah disini.

Plugin wordpress ini ada banyak sekali, mulai dari yang fungsinya untuk mempercantik tampilan blog, menambah dari segi fungsi blog kita, hingga untuk keperluan SEO blog kita. Nah di tulisan ini saya fokuskan di plugin yang berfungsi untuk keperluan SEO.

Sebelum kita mulai melangkah ke bagian plugin SEO, ada baiknya melakukan pengecekan di setting default wordpress blog kita, karena ada sebagian hosting yang instalasi wordpressnya secara default settingnya memblokir Search Engine agar tidak mengindexnya. Karena itu demi amannya, ada baiknya di cek ulang sebelum mulai setting pluginnya.

Setting yang terpenting ada di:

- Privacy

Pastikan Anda pilih opsi seperti gambar dibawah ini:

- Permalink

Jangan gunakan permalink default dari wordpress, ganti dengan yang mengandung /sample-post/, seperti gambar dibawah ini.

Setelah selesai langkah diatas, saatnya kita pasang plugin untuk kepentingan SEO.

Langsung saja kita mulai, ini daftarnya:

1. All in one SEO pack.

Plugin ini, sesuai namanya ia berfungsi untuk memperbaiki sisi SEO blog kita. Antara lain: setting meta tags di homepage, setting meta tags di setiap halaman, setting meta tags di halaman search, arsip, kategori dan tags. Plugin lain yang fungsinya serupa dengan ini antara lain adalah: Platinum SEO Pack, Headspace dan Greg’s SEO. Namun karena saya lebih suka pakai yang All in one SEO pack, maka plugin itu yang saya tulis di judul :)

Settingnya seperti screenshot dibawah ini:



2. Search Term Tagging.

Plugin ciptaan teman ini memiliki keunggulan luar biasa juga di SEO blog kita. Fungsi dari plugin ini akan mencatat keyword apa saja yang diketik orang di google untuk menemukan website kita. Lalu keyword yang dicatat di database tersebut akan ditunjukkan di blog kita sebagai internal linking. Karena itu dengan menggunakan plugin ini maka akan memperkuat internal linking berikut anchor text berupa keyword yang di-googling orang tersebut. Dan tentu saja efeknya adalah peringkat blog kita bisa naik di Google di keyword yang ada di database tersebut.

Settingnya seperti gambar dibawah ini.

3. Cbnet Ping Optimizer.

Ini juga salah satu plugin favorit dan must have di semua blog. Dengan plugin ini kita bisa melakukan pembatasan ping ke search engine. Karena jika blog kita terlalu sering melakukan Ping, bisa jadi blog kita akan di-sandbox oleh google karena dianggap spam. Plugin ini juga harus terpasang jika kita melakukan autoblogging. Intinya, dengan plugin ini kita jadi leluasa jika sering posting atau melakukan edit postingan di blog, tanpa takut terkena sandbox.

Note: Secara default, wordpress blog akan melakukan ping setelah ada postingan yang kita publish atau kita save draft (Ya! bahkan cuma dengan save draft wordpress akan nge-ping search engine..jadi hati-hati!).

Limit Exessive Pinging within 1500 Menit. Usahakan diisikan diatas 1000 untuk lebih amannya. Jika diisi terlalu lama nanti tidak pernah ping juga kurang baik bagi kesehatan blog :)


4. Search Permalink.

Plugin ini berfungsi mengubah permalink dari halaman search, yang semula adalah: domainkita.com/?s=keyword   menjadi domainkita.com/search/keyword

Dengan berubahnya permalink yang tidak mengandung query string (?) maka akan meningkatkan kualitas SEO blog kita.

Plugin ini cukup diaktifkan begitu saja, tanpa perlu konfigurasi apa-apa lagi sudah cukup.

5. Rank Tracker.

Plugin ini tidak gratis, alias berbayar 27$. Fungsi plugin ini adalah untuk mencatat posisi ranking blog kita di google di keyword yang telah mendatangkan traffic ke website kita. Jadi dengan plugin ini kita bisa melakukan optimasi lagi di keyword-keyword yang memang mentangkan traffic saja.

Keyword dan ranking yang tercatat di database hanya keyword yang SUDAH MENDATANGKAN PENGUNJUNG KE BLOG SAJA.

Plugin ini juga tidak memerlukan setting yang rumit, cukup diaktifkan saja dan plugin ini sudah bekerja. Untuk melihat posisi peringkat keyword, bisa dilihat di bagian menu “Rank Tracker” di sebelah kiri bawah bagian wp-admin blog kita.

Sekian postingan kali ini seputar wordpress plugin, saya tahu kemungkinan plugin teman-teman berbeda dengan postingan saya ini, karena itu harap sharing juga di komentar di bawah agar berguna bagi pembaca yang lain. Terimakasih

 

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

16 Comments For This Post

  1. Taswin Says:

    P Henri,

    Yang di Cbnet Ping optimizer,kita isi limit nya berapa menit ya?
    tertulis:
    Limit Exessive Pinging within 1500 Menit. Usahakan diisikan diatas 1000 untuk lebih amannya

    Tapi kenapa di contoh isiannya :15 minute(s)

    Mana yang benar?

    Terima kasih ya

    SALAM SUKSES

    Taswin

  2. Admin Says:

    Yang benar 1500 menit pak. Di gambar itu kalo yg terlihat cuma angka 15 nya itu karena kolomnya cuma kecil, jadi nol nya ngga kelihatan

  3. Taswin Says:

    Ok Pak Thanks infonya,

    Jadi punya saya mau saya benerin dulu. ( Tadi nulisnya 15 minute(s) )
    :) Bisa gawat nih bedanya SERIBU Empat Ratus Delapan puluh Lima puluh lima menit bo!

    Thanks

  4. taswin Says:

    Hi Pak Henri,

    Setelah dua harian saya pasang plugin search ter tagging,kenapa di blog saya belum muncul kolom berisi list/ daftar kata kunci yang diketikkan oleh pengunjung ya?seperti yang p Henri jelaskan waktu itu
    Bahkan kolomnya juga tidak muncul,apa ada yang salah ya ? apa yang perlu di check?

    Pertanyaan ke dua setelah saya install dan setting plugin plugin yang pak Henri sarankan diatas, kenapa postingan artikel saya yang lama, jadi muncul diatas lagi? seakan akan kembali diposting ulang , satu per satu artikel periodik (jaraknya sekitar 12 jam ) kembali diposting ulang , dari artikel yang paling lama saya posting.Ini sudah ada 3 artikel yang di posting ulang secara otomatis,apa ini pengaruh dari plugin yang bapak sarankan ya?
    Plugin yang mana?

    Terima kasih atas jawabannya ya

    Salam

    Taswin

  5. Admin Says:

    Hai pak Taswin,
    Coba dilihat di dalam wp-admin, di bagian SEO Search Term nya, apakah sudah ada statistik yang tercatat disana? Jika belum ada, ya berarti belum ada pengunjung yang menemukan web bapak dari search engine.
    Lalu tentang postingan yang seperti diposting lagi, itu sebenarnya bukan diposting lagi, namun ditampilkan di homepage saja agar mendapat traffic. Jika tidak mau seperti ini, bisa dimatikan di setting SEO Search Term di bagian “Promote old post with no search engine traffic” jangan dicentang.

  6. taswin Says:

    Ok pak sementara kayaknya belum ada pengunjung yang menemukan web saya di search engine. Walaupun ada keterangan di bagian plugin setting , sebelah kanan , kolom popular search term : muncul 1 keyword
    kolom recent search term : muncul 1 keyword (sama)
    kolom popular home keyword: juga muncul 1 keyword

    Apakah ini berarti ada satu keyword yang di search pengunjung pak ?

    Tapi di home page blog , tampilan sama sekali tidak ada muncul kolom popular search/popular sepert yang ada di web bapak in (sebelah kanan bawah)

    Oya di setting plugin search term tagging ini bagian :
    Max number of search terms: diisi 100 kan ya ? atau 10 ?

    Hal yang kedua ( Promote old post with no search engine traffic ) : sudah dimengerti pak

    Terima kasih

    Taswin

  7. Admin Says:

    Ya, berarti baru 1 keyword yang ter record pak.
    Kalau di homepage sidebarnya bapak ingin ditampilkan, coba utak atik di bagian Appearance – Widgets. Drag widget popular search atau recent search term di sebelah kanan di bagian sidebar. Ini beda themes bisa jadi beda caranya. Jadi dicoba aja pak. Tq

  8. belajar afiliate Says:

    Pak Henri,

    utk rank tracker, plugin ini otomatis mendapatkan keyword yang ada trafik atau kita harus memasukkan sejumlah keyword dulu baru dia akan mencari berdasarkan keyword-keyword itu ? mohon penjelasannya Pak Henri. oiya ini sekali bayar ya pak…

    trims pak…

  9. Admin Says:

    Dia akan mengambil data keyword yang mendatangkan traffic saja pak, jadi tidak perlu di supply dulu keywordnya. Iya ini sekali bayar. Thanks

  10. Kerabat Says:

    hehe, mantap bos
    ane mau pasang 3 plugin baru lagi

  11. erickteknik Says:

    Thanks infox…saya akan coba di wodrpressq..!!!

  12. gofur Says:

    ijin sedot boos,,,,makasih infonya,,,soalnya gua mau revisi semua posting,,,baru dapet plugins seo baru….

  13. Dragonity Says:

    Makasih gan atas infonya. :)

  14. blisekenbali Says:

    thnx infonya.. baru buat web baru neyh dgn wordpress.. :)

  15. andre Says:

    nice post. I will be back again

  16. putri Says:

    infonya bagus bangeeettt. makasih ya pak. mulai instal2 lg ah. ^_^